Kamis, 03 Maret 2016

Kapan Saat Yang Tepat Menggunakan Compressor VCA, Opto, Vari-Mu, FET



1. VCA singkatan dari " Voltage Controlled Amplifier " dan perilaku kompresi didasarkan pada PEAK, dengan fast attack dan release. Keluarga kompresor ini cenderung bereaksi hampir terlalu cepat karena mereka sangat sensitif terhadap mikro - dinamika dan transien.

Kapan waktu yang tepat menggunakan Compressor VCA? Kita menggunakannya ketika kita memiliki transien yang beberapa urutan besarnya keluar dari jangkauan dinamika di mana mereka seharusnya.  Misalnya, rekaman yang sangat perkusif akan mendapatkan keuntungan yang besar jika menggunakan  VCA, karena VCA akan mengendalikan peak dengan hasil secara efisien dan transparan.

Kapan saat tidak harus menggunakan VCA? Kita tidak harus menggunakan VCA ketika kita mencoba untuk mengatur volume rata-rata lagu. Hal ini tidak berpengaruh pada macro-dynamic apapun. Ini baik untuk perubahan drastis seketika dan peak. Hasil yang didapat  tidak bisa menjadi smooth seperti saat menggunakan jenis Vari-Mu atau OPTO. 

Keuntungan menggunakan VCA adalah kita bisa mempertahankan transien dengan hasil transparansi. Hal ini dapat memberikan hasil lebih punch dan agresif.

Kekurangan menggunakan VCA adalah sound akan terdengar "thin/tipis". Dan agak sulit untuk mendapatkan hasil yang warm dan dengan VCA. Selain itu juga sulit untuk mendapatkan hasil yang smooth. Untuk melakukannya, diperlukan time release yang lama, tetapi dengan melakukan itu akan terasa seperti speaker tertutup dengan lembar kain atau kertas.
 
Hasil dari tipe VCA cenderung transparan sehingga sangat versatile, bisa multifungsi. Bisa buat vocal, piano, snare, gitar, etc. Namun pada aplikasinya, desain VCA ini banyak dipakai di masterbuss untuk glueing. Contoh plugin yang paling terkenal adalah SSL masterbuss G compressor, API 2500, dan Cytomic the glue. Untuk contoh hardware ada SSL, Neve and API mix bus compressors, Focusrite RED, DBX 160, Alan Smart C1.


2. Opto menggunakan fotosel sebagai detektor dan bola lampu untuk menentukan pengurangan gain. Sebagai sinyal melewati bola lampu, itu akan membuat bola lampu menyala lebih atau kurang tergantung pada intensitas sinyal. Karena intensitas cahaya adalah fungsi dari suhu filamen, intensitas cahaya akan bervariasi sebagai smoother dari sinyal. Dengan kata lain, jika detektor dalam desain VCA melihat sinyal yang tepat, yang OPTO akan melihat rata-rata dari waktu ke waktu. Ini membuat kompresi OPTO kurang sensitif terhadap transien, peak dan lonjakan tiba-tiba. Untuk alasan ini, banyak rasio tinggi dapat digunakan.
Efek OPTO berdasarkan kompresor "RMS". Sebagai lawan kompresor peak. Detektor akan menghitung "rata-rata" (atau daerah di bawah kurva) selama waktu tertentu dan akan mendasarkan pada hasil itu.

Ketika menggunakan Opto, kompresor akan melakukan pekerjaan yang baik untuk menjaga macro-dynamics. Pada dasarnya, ini dapat bahkan keluar dari tingkat rata-rata lagu. Sebagai contoh, jika sebuah lagu sangat tenang di awal tapi cukup keras pada akhirnya, VCA akan melakukan apa-apa selama bagian pertama dan kemudian menghancurkan segalanya selama bagian paling keras, di mana OPTO akan bekerja sedikit sepanjang waktu dan bahkan ditingkat over pada lagu tanpa terlihat. Hal ini juga dapat digunakan ketika Anda ingin membuat sedikit tight saat mixing tanpa merusak transien.

Kapan saat tidak harus menggunakan OPTO? Bila kita memiliki peak dan lonjakan tiba-tiba, kompresi dengan jenis OPTO tidak mampu mengatasi masalah ini.

Keuntungan menggunakan Opto adalah hasil sangat transparan. Dapat membuat hasil mixing menjadi lebih "Tight". Tidak flat dan cenderung lebih dinamik. Hasil dari tipe Opto kompresinya cenderung smooth, vintage, creamy. biasanya dipake buat snare, vocal. Bisa juga dipakai di masterbuss untuk kesan vintage.

Kekurangan Opto: Pumping adalah benar-benar masalah besar range  low end, jadi pastikan kita memiliki High pass filter di Sidechain ketika kita menggunakannya saat mixing.

Contoh kompresor dengan jenis Opto adalah: LA-3A, JLM Mac Opto Comp, LA-2A, TubeTech CL1B.


3. FET kompresinya kebalikan dari opto, cenderung tajam dan menghancurkan. Seringnya dipakai untuk mengkompres untuk mendapatkan dinamika yang rata dan In Your Face.

Kapan kita menggunakan FET? Saat kita mengharapkan hasil yang punch dan lebih menggigit. Saat hasil distorsi yang lebih warm, kompresor jenis ini sangat cocok.

Kapan kita tidak menggunakan FET? Jika kita memiliki filter side chain, kompresor ini tidak direkomendasikan untuk digunakan pada proses mixing, kecuali untuk bass atau kick kita ingin hasil punchy.

Keuntungan menggunakan FET: Hasil mix yang punch dan warm serta memiliki depth, kompresor jenis ini dapat bekerja dengan baik.

Kekurangan menggunakan FET: Sebagian besar dari FET tidak memiliki filter Sidechain, sehingga tidak cocok untuk kompresi mix bus.

Contoh kompressor ini FET softube, 1176LN, Waves RVox, dan steven slate dragon.

4. Vari-Mu kompresor (Tube Compressor) menghasilkan kompresi sangat halus. Karakteristik lain dari jenis kompresi adalah konstanta waktu. Ini hanya tidak merespon secepat dan impulsif sebagai VCA atau FET. Tube kompresor membutuhkan waktu dan tidak pernah bereaksi berlebihan. Ia memiliki kemampuan untuk "nge-Glue" hasil mixing.

Kapan kita menggunakan Vari-Mu? ketika hasil mix memiliki dinamik yang baik yang lolos melalui kompresor Tube. Ini akan membuat semakin tight dan smooth. Hal ini dapat digunakan untuk membuat hal-hal yang lebih lembut dan halus. Sebagai contoh, sebuah gitar yang memiliki suara tipis dan agresif dapat merapikan dan membuat menjadi warm dengan Vari-Mu.

Kapan kita tidak menggunakan Vari-Mu? Untuk mengatasi masalah dinamik atau untuk mendapatkan hasil yang punch. Kompresor jenis ini tidak disarankan. Jenis kompresor ini tidak memiliki agresivitas apapun dalam perilaku kompresi.

Keuntungan menggunakan Vari-mu adalah kompresor ini memiliki, suara yang kaya dan sangat warm. Ia memiliki suara yang tidak bisa dicapai dengan menggunakan plugin.

Kekurangan  menggunakan Vari-mu adalah mengkompres tanpa filter Sidechain dapat mengganggu karena akan "kill the bass". Kompresor ini tidak bisa melakukan punchy.

Contoh kompresor menggunakan desain ini: Fairchild 670, Altec 436C, Manley Variabel Mu

1 komentar:

Wow Thinking mengatakan...

Call at Mac support Phone number Canada 1-844-389-4998 for instant help or Apple Computer support Canada to solve your Apple Mac related issue, Apple Mac Support Canada Phone Number.

Posting Komentar