Kamis, 06 Januari 2011

Bisakah MP3 / WAVE Dijadikan MIDI?


Pertanyaan di atas sering ditanyakan temen2 yang bergelut dibidang sequencer maupun yang suka otak-atik midi bahkan sampai Audio. Termasuk saya dulu pernah menanyakan hal yang serupa mdi atas. Nah di sini saya sedikit berbagi cerita mengenai hubungan midi dan audio Wave maupun MP3.

1. Midi (Musical Instrument Digital Interface) merupakan data sequncer yang dibuat dari perangkat software ataupun hardware (keyboard) yang dapat di olah dan dimainkan pada media komputer bahkan keyboard dari segala merk. Secara format jika dibuka midi berisikan susunan Notasi. Dengan kata lain dapat di edit seperti halnya tulisan yang ada di Microsoft word. Di bawah ini pembuatan sampling midi dari berbagai software:






2. WAVE (Waveform Audio Format) merupakan susunan stadart audio. Format audio ini merupakan format audio yang paling baik, karena format ini tidak mengalami pengkompresan, bisa dikatakan format asli dari sebuah audio.
3. MP3 (MPEG-1 Audio Layer 3) merupakan format audio olahan dari file audio sebelumnya. Biasanya file MP3 terbentuk dari file Wave. Dan ciri khas file ini adalah filenya yang terkompresi sehingga ukuran filenya lebih kecil 8 sampai 10 kali lipat dari file wave.

Nah dari penjelasan di atas kita bisa simpulkan bahwa file midi merupakan file audio yang dapat diibaratkan berupa tulisan atau kumpulan tulisan notasi. Sedangkan Wave dan MP3 merupakan file audio yang berupa gelombang. Dengan kata lain file Midi dapat diubah formatnya menjadi file WAVE maupun MP3, namun sebaliknya file WAVE dan MP3 tidak bisa diubah menjadi file midi, karena formatnya bukan tulisan namun formatnya adalah gelombang.

Namun saya pernah melihat sebuah software bernama Melodyne yang dapat merubah tune dari vocal manusia yang fals menjadi tune atau tidak fals. Dan anehnya di software ini saat melakukan pengeditan audio dapat memunculkan notasi balok dari audio yang kita edit. Secara logika jika dilihat dari hasilnya mestinya notasi hasil editan Melodyne dapat di ubah ke format midi karena susunan midi pada dasarnya tersusun atas kumpulan notasi. Namun secara pasti saya tidak pernah mencoba mengenai hal ini. Sejauh ini saya belum pernah dan belum pernah menemui software khusus yang dapat mengubah file WAVE maupun MP3 menjadi audio.

Semoga Bermanfaat.....

6 komentar:

Anonim mengatakan...

wow, seandainya ada, pasti keren,
thx gan infonya. .. .

jusjus mengatakan...

koreksi penutupnya bos.."...file WAVE maupun MP3 menjadi audio." harusnya menjadi MIDI kan? nice share..tq

DadangPro mengatakan...

Jusjus: Thanks koreksinya. Yup bener sekali salah ketik tuh...... ;)

Anonim mengatakan...

Ane satu pendapat ame agan..., mang wave n mp3 tidak bisa diubah jd midi, jadi kesimpulan nya pembuatan midi yg paling sip ya dibuat dr keyboard nya sendiri...., benar ga gan....

DadangPro mengatakan...

Anonm@ betul banget, memang pembuatan midi paling mudah lewat keyboard, trapi ada beberapa software yang mengklaim dirinya mampu merubah file Audio menjadi midi. selengkapnya bisa baca di

http://dha2nk4all.blogspot.com/2011/07/menjadikan-audio-wave-atau-mp3-menjadi.html

Semoga bermanfaat....

MAZIDA OLShop mengatakan...

Ikutan download softwere and serial nambernya donk..

Posting Komentar