Jumat, 08 Oktober 2010

Gamelan Makmur di Negeri Inggris


Saat mencari program audio tidak sengaja bertemu dengan gambar yang tidak asing bagi saya, eh ternyata itu gamelan Bali. Tapi tidak disangka gamelan Bali itu sudah berbentuk sebuah Software Audio. Ada rasa bangga dalam diri ini menjadi bagian dari indonesia. Namun ada rasa kecewa juga terhadap diri ini. Saya merasa tidak bisa berbuat apa-apa saat budaya ini benar-benar berkembang di negara orang dan mungkin budaya kita sangat merasa makmur dan di perhatikan di negara orang.

Mengapa saya mengatakan hal tersebut. Hal ini karena beberapa program yang saya temui kemarin ternyata bukan hanya satu namun ada beberapa dan mungkin banyak yang dikembangkan di negara orang. Program yang saya maksud di sini adalah sebuah program atau software yang mengusung atau mendesain alat musik tradisional gamelan menjadi sebuah program musik. Gamelan yang menjadi model salah satunya gamelan Bali. Anda semua bisa cek di website resminya di sini:

Setelah melihat di Website tersebut ("aduh koq sudah seperti ini....." dalam hati saya) mungkin untuk banyak orang merasa musik bukan prioritas utama, namun tidak mungkin 10 atau 20 tahun lagi generasi penerus kita benar-benar tidak punya budaya sendiri. Mungkin bisa merasa punya budaya namun saat ditanya budaya kamu apa? Nah saat itu tidak bisa menjawab karena memang tidak tahu dan tidak bisa menguasai budayanya sendiri.

Di dalam website tersebut sangat jelas bahwa orang-orang Inggris yang mengembangkan  software tersebut sangat mengusai betul soal gamelan bali. Tidakkah kita bisa bersatu dalam segala bidang?

Bukannya apa-apa sebelumnya saya juga ingin sekali membuat program musik untuk belajar yang berbahasa Indonesia walaupun bukan program yang secanggih itu namun hanya program yang memberikan informasi mengenai musik namun asli hasil anak bangsa ini. Maksud hati mungkin bagus namun saya bukan orang informatika yang pandai dalam bidang bahasa pemrograman. Dan sayangnya saat saya coba untuk bertanya ke sana-ke mari banyak programer indonesia yang sepertinya enggan memberikan sedikit ilmunya ato sekedar membantu mengenai info saja. Saya masih ingat sekali saya pernah bertanya kepada seseorang "Pak koq gk  ditraslate sekalian, kan kita bisa belajar dengan mudah?" Bapak itu menjawab.... " K-lo nanti saya translate nanti saya tidak laku dong...." itu sedikit pengalaman saya yang kurang berkenan saat mencoba untuk bertanya. Tapi saya tidak berkecil hati dan mencoba terus untuk mengembangkannya. mudah-mudahan program yang sangat sederhana yang saya maksud ini sebentar lagi akan terwujud dan dapat membantu teman-teman musik. Untuk melihat sample programnya bisa klik Kuliah Musik Digital. Jadi tunggu saja  semoga versi yang lebih sempurna cepat selesai. 

semoga bermanfaat.

2 komentar:

aaphenom mengatakan...

saya ikut mendukung perjuangan bung dadang, semangat ya.. semoga proyek nya bisa diselesaikan dengan lancar & baik, amiin :)

DadangPro mengatakan...

aaphenom@ thanks atas dukungannya mas...... maju terus dan Jayalah Indonesia ku...

Posting Komentar