Selasa, 11 Mei 2010

3. Digital Home Recording (part 3)


Konektor: balanced dan unbalanced
Dalam dunia rekaman/professional audio, Anda akan menemukan kabel dan konektor dengan tiga jalur (sinyal, sinyal out-of-phase, dan ground), bukan dua (sinyal dan ground). Konektor ini dikenal dengan istilah balanced, sedangkan konektor dua wire biasa dikenal dengan istilah unbalanced.
Konektor balanced sering digunakan dalam dunia rekaman karena standar balanced ini lebih tahan terhadap noise. Bisa dikatakan, hampir semua peralatan interkoneksi dalam industri rekaman (sound card, mixer, microphone, dan speaker) menggunakan koneksi ini.

Perangkat pendukung: apa yang Anda butuhkan?
Setelah mengenal dasar-dasar digital audio, kini saatnya Anda mulai mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Pada dasarnya, Anda akan membutuhkan beberapa perlengkapan berikut.
Komputer atau PC merupakan komponen yang sangat dibutuhkan dalam membuat sebuah home recording. PC akan digunakan untuk melakukan berbagai pengolahan atau editing dari hasil rekaman. Oleh karena peran yang cukup vital, maka sebuah PC yang berkecepatan tinggi akan dibutuhkan. Sebaiknya, spesifikasi dasar PC adalah prosesor 3 GHz ke atas, memori 1 atau 2 GB, dan hard disk minimal 120-200 GB (disarankan 400 GB atau lebih).
Komponen lain, seperti video card, sebenarnya tidak terlalu banyak berpengaruh. Namun, pertimbangkan video card yang memiliki dual output agar Anda bisa menggunakan dua tampilan. Monitor juga sebaiknya berukuran minimal 17” dengan resolusi minimum 1280×1024. Bekerja di resolusi 1600×1200 akan lebih menyenangkan karena layar Anda akan jauh lebih lega. Pertimbangkan juga penggunaan LCD untuk menghemat tempat.
Komponen terakhir yang perlu diperhatikan adalah power supply dan casing yang baik. Sebisa mungkin gunakan power supply yang berkualitas baik (karena ini cukup mempengaruhi kualitas suara). Casing dengan sirkulasi udara yang bagus dan tidak bising juga penting. Fan yang terlalu berisik bisa menjadi noise sehingga mengganggu dalam ruangan studio yang sunyi senyap.
Sound card merupakan komponen kedua yang sangat penting. Tanpa sound card, Anda tidak bisa menggunakan PC untuk mendengar ataupun merekam suara. Saat ini, tersedia sangat banyak pilihan sound card di pasaran. Untuk keperluan rekaman, sebaiknya Anda memilih sound card yang dikhususkan untuk keperluan tersebut.

Sumber : http://pengetahuanduniakomputer.wordpress.com/category/digital-music-recording/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar